Kapan Stres Bisa Jadi Penyakit

Setiap orang pasti akan mengalami stres. Jadi, wajar bila Anda merasakannya. Keadaan mental seperti ini normal terjadi karena dalam kadar tertentu sebenarnya kita memerlukannya, misalnya untuk menghadapi ancaman (eustress).

Menurut penelitian, stres merupakan respon mental seseorang saat menghadapi problematika kehidupan. Stres tak selamanya dapat menimbulkan penyakit, karena dalam taraf tertentu, kondisi ini amat penting untuk mengembangkan kepribadian kita.

Tetapi, Dr Suryo Dharmono Sp.KJ dari Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memberikan catatan. “Stres yang berkepanjangan atau berlebihan dapat merugikan individu dan bisa menambah penderitaan (distress),” katanya di Jakarta.

Lalu, kapan saat yang tepat stres dapat dikatakan sebagai penyakit?

Dr Suryo menyatakan, stres memang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Khususnya, apabila kemampuan seseorang untuk menghadapi masalah mengalami penurunan. Bila itu terjadi, Anda perlu waspada, karena bisa jadi, stres yang Anda alami sama dengan sakit.

Selain itu, stres bisa dikatakan sama dengan sakit bila stres sampai menyebabkan berbagai keluhan psikis (mental emosional) maupun fisik. Dan jika stres menyebabkan hambatan dalam kehidupan psikososial, seperti menghambat pergaulan, pekerjaan bahkan penggunaan waktu senggang, maka Anda juga perlu waspada.

“Jika Anda tidak bisa menikmati waktu senggang dengan santai, itu salah satu tanda, Anda sedang stres.”

Melalui artikel ini, Dr Suryo juga membagikan pengetahuan tentang apa saja gejala stres yang sering dialami banyak orang. Dengan demikian, Anda bisa mengambil langkah-langkah penanganan sejak dini. Dan berikut ini gejalanya:

– Keluhan kronis berbagai gangguan fisik, seperti sakit maag, pusing, sakit kepala, sakit pinggang, sering masuk angin, dan berbagai keluhan yang berpindah-pindah.

– Selalu mengeluh tidak bisa tidur, meskipun orang di dekatnya melihatnya cukup tidur.

– Pelupa, sulit berkonsentrasi, sulit berpikir, pikiran kosong atau buntu. (pet)

sumber : http://id.news.yahoo.com/viva/20110111/tls-kapan-stres-bisa-jadi-penyakit-34dae5e.html

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s